Laman

Kamis, 29 Januari 2015

merawat kucing meong

Cara Merawat Kucing Peliharaan


Cara merawat kucing peliharaan sangat perlu kita ketahui, karena merawat kucing merupakan hal penting yang wajib kita lakukan setelah kita memutuskan untuk memelihara kucing di rumah. Cara merawat kucing yang baik dan benar adalah dengan cara mengenal karakteristik kucing, perlakukan kucing dengan baik dan memenuhi kebutuhannya sebagai makhluk hidup.
Kucing adalah salah satu jenis hewan peliharaan terpopuler di dunia yang paling banyak dipelihara oleh manusia. Kucing merupakan binatang peliharaan yang sangat menyenangkan, menggemaskan, dan supaya tetap menjadi hewan peliharaan yang menyenangkan, maka kita harus mengetahui cara merawat kucing dengan baik. Kucing peliharaan berbeda dengan kucing liar yang dapat bertahan hidup secara alami.
Selain itu kita juga harus mengetahui cara merawat kucing sakit, dan baca juga artikel cara merawat kucing persia bagi anda yang memelihara jenis kucing persia. Berikut ini cara merawat kucing peliharaan di rumah.

Cara Merawat Kucing Peliharaan

  • Cara merawat kucing dan Memberi makanan kucing
Memberi makan kucing peliharaan wajib hukumnya, makanan kucing dapat mempengaruhi kesehatan dan daya tahan tubuh kucing. Berilah makanan kucing yang sehat dan bergizi dan makanan yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh kucing.
Pilihlah makanan yang mengandung protein dan vitamin untuk kucing, jangan sembarangan memberi makan kucing karena dapat merusak sistem pencernaan kucing. Kenali makanan yang boleh dimakan kucing atau yang tidak boleh dimakan kucing.
Selain makanan, kucing pun sangat membutuhkan air, karena air sangat penting dalam proses pencernaan kucing, usahakan kucing minum air sesuai kebutuhannya setiap hari dan pastikan kucing anda minum air bersih yang tidak terkontaminasi bakteri. Ganti minuman pada tempat minum kucing setiap hari.
  • Cara Merawat bulu dan kulit kucing
Selain pemberian makanan, cara merawat kucing peliharaan yang cukup penting lagi yaitu perawatan bulu dan kulit kucing, yaitu untuk mencegah penyakit kulit, atau parasit, seperti kutu dan jamur. Apalagi kalo kita memelihara kucing berbulu panjang atau longhair seperti kucing persia. Perawatan pada jenis kucing persia lebih ekstra dari perawatan bulu pada kucing yang berbulu pendek atau short hair , silahkan klik  tips cara merawat kucing persia untuk lebih detailnya.
Perawatan bulu dan kulit kucing yaitu dengan rutin menyisir bulu kucing yang bertujuan merapihkan bulu kucing dan mengangkat bulu bulu mati, bulu mati pada kucing yang jarang atau tidak pernah disisir dapat menyebabkan bulu gimbal pada kucing, bulu kucing yang gimbal dapat menjadi sarang kutu dan jamur pada kucing. Kutu dan jamur merupakan penyebab bulu kucing rontok
Memandikan kucing juga termasuk salah satu cara merawat kucing peliharaan di rumah, karena dapat membersihkan kotoran yang menempel pada bulu dan kulit kulit kucing. memandikan kucing minimalnya  2 minggu sekali, dan apabila bulu kucing sudah terlihat kotor sebaiknya segera dimandikan untuk mencegah peluang penyakit kutu dan jamur. Mandikan kucing dengan shampo kucing yaitu shampo yang dibuat khusus untuk digunakan pada kucing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar